Enam Mahasiswa UPI Ikuti Student Exchange di Jepang

Hiroshima, UPIIMG_6511

Sudah hampir empat bulan, enam mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia menjalankan program student exchange antara UPI dan PUH (Perfectural University of Hiroshima),Jepang. Keenam mahasiswa tersebut, tiga mahasiswa berasal dari Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang (FPBS), dua mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan (FPOK), dan seorang mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Khusus (FIP).

Mereka mengikuti perkuliahan di sini selama dua semester. Khusus mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, mereka mengikuti kuliah selama satu semester.

Keenam mahasiswa ini ditempatkan di dua lokasi kampus yang berbeda. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang mengikuti perkuliahan di PUH kampus Hiroshima, sedangkan yang lainnya mengikuti perkuliahan di PUH kampus Mihara.IMG_6559

Tiga orang dari keenam mahasiswa UPI mengungkapkan pengalamannya selama menjalani program student exchange di negeri sakura. Mereka adalah Novia Anggraeni (Jurusan Pendidikan Khusus angkatan 2011), Dewi Ramadhanti dan Findi Findria Anggreini (Prodi D3 Keperawatan angkatan 2012). Novia mengungkapkan bahwa banyak ilmu baru yang didapat dari perkuliahan yang diambil, dan ada beberapa ilmu yang baru pertama kali dia dapatkan di sini.

“Ini merupakan pengalaman yang berharga. Saya bisa mendapatkan ilmu baru di sini” ucapnya. Selain itu, ia juga mempelajari budaya Jepang yang terkenal dengan kedisiplinannya. Ini merupakan pengalaman yang berharga baginya.

Sama halnya dengan Novia, Dewi mengungkapkan bahwa pengalaman bisa mengikuti program ini adalah sesuatu yang berharga, selain bisa mempelajari tentang ilmu keperawatan tapi juga tentang budayanya. ”Ini merupakan pengalaman berharga yang tidak akan pernah dilupakan” ucapnya.

Selain mengikuti perkuliahan, Dewi juga melakukan kerja part time di rumah sakit di Kota Mihara. Melihat pasien dengan berbagai jenis penyakit di sini merupakan pembelajaran yang baik baginya. Supaya bisa membandingkan sistem pelayanan di sini dan di Indonesia.

Ketiga mahasiswa tersebut masih akan berada di Jepang hingga Agustus 2015. Sebelum pulang mereka akan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya di sini untuk dibawa pulang ke Indonesia. Mereka akan membagikan pengalamannya kepada teman-teman di UPI. Ia berharap semua berjalan lancar sampai program yang mereka jalani selesai. (Adn Feby Abdillah)

~ dilihat : 285 kali ~