Eko Apriansyah Meraih Predikat Duta Bahasa Provinsi Kepulauan Babel

Pemenang Duta Bahasa

Bandung, UPI

Eko Apriansyah berhasil meraih predikat sebagai Duta Bahasa Putra Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2013. Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2010 Universitas Pendidikan Indonesia ini didapatinya setelah melewati tahap penyisihan yang berlangsung ketat di Hotel Red Dot Pangkalpinang, Sabtu (21/9). Eko dinobatkan sebagai Duta Bahasa yang akan mewakili Provinsi Bangka Belitung ke kancah nasional bersama Primalita Putri, mahasiswa jebolan UI yang menjadi Duta Bahasa Putri-nya.

Pemilihan Duta Bahasa ini dilangsungkan dengan tahap seleksi karya tulis yang bertemakan “Pentingnya Pengutamaan Bahasa Indonesia dan Pelestarian Bahasa Indonesia” yang meloloskan 17 peserta laki-laki dan perempuan. Setelah itu para peserta mengikuti tahapan penilaian berikutnya, yaitu tes Uji Kemampuan Berbahasa Indonesia (UKBI) di Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada hari Jumat (20/9) dan tahap wawancara serta presentasi karya tulis di Hotel Red Dot pada hari Sabtunya (21/9). Hasil penilaian dari beberapa tahapan tersebut kemudian dipakai untuk menentukan lima besar pasangan calon Duta Bahasa. Setelah itu dilakukan sesi menjawab pertanyaan dari tiga orang juri untuk menentukan pemenangnya. Ketiga juri tersebut terdiri dari Drs. Umar Solikan, M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Prov. Kep. Babel), Engkus Kuswenda, S.Pd. (Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Prov. Babel), dan Fenilita (Pengelola pusat salah satu lembaga kursus bahasa Inggris di Bangka).

1234118_4810624001734_813580098_nTidak hanya diuji kemampuan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar saja, para finalis Duta Bahasa juga diuji kemampuan bahasa daerah serta bahasa asing, bahkan tentang pengetahuan umum dan kebudayaan yang ada di Bangka Belitung. Akhirnya, setelah selesai pengujian, ditentukanlah tiga pasang pemenang. Juara pertama dari kontes Duta Bahasa ini kelak akan mewakili provinsi ke ajang pemilihan Duta Bahasa Nasional yang akan berlangsung 23 – 28 Oktober mendatang di Jakarta. “Pemuda-pemudi yang terpilih diharapkan dapat menjadi teladan dan dapat memengaruhi lingkungannya untuk selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” ungkap Umar Solikan.

Sebagai salah seorang yang akan mewakili ke kancah nasional nanti, Eko berharap adanya dukungan dari pihak universitas. “Semoga saya dapat berhasil membawa nama kampus UPI yang leading dan outstanding ini bersaing di tingkat nasional, tentunya bersama nama provinsi yang saya bawa,” ujar Eko yang juga Ketua Umum di Unit Kegiatan Mahasiswa Kepenulisan Islami Al-Qolam Universitas Pendidikan Indonesia (UKM KI Al-Qolam UPI).

~ dilihat : 326 kali ~