Dosen UI Bangun Jejaring Toko Online dengan Aplikasi Pajon Checkout

PajonPerkembangan tren e-commerce di Indonesia mencuat seiring dengan munculnya toko-toko online. Hal tersebut dianggap sebagai peluang oleh dua dosen Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik UI. Mereka adalah Chairul Hudaya dan Ardiansyah. Menggandeng dua alumni FT, yaitu Adityo Abdi Nugroho dan Tribuana, mereka membentuk Pajon Teknologi Indonesia. Startup yang dibuat untuk mengembangkan produk dan layanan elektronik berbasis Internet ini, telah mengeluarkan produk perdana mereka yang diberi nama Pajon Checkout.

Produk aplikasi yang dapat diakses di http://checkout.co.id ini, dikembangkan dengan harapan dapat menjadi Jejaring Toko Online Indonesia. Hadirnya Pajon Checkout memberi kesempatan bagi para Merchant/Seller untuk mengintegrasikan website toko online pribadi yang mereka punya ke sistem Pajon Checkout. Seller akan mendapatkan keuntungan lebih dengan tetap dapat menggunakan website atau blog toko online yang sebelumnya digunakan untuk identitasnya dalam berjualan online. Seller tidak  perlu lagi dipusingkan dengan manajemen transaksi hingga sistem pembayarannya.

Kepuasan pelanggan dapat meningkat karena proses pengiriman barang dapat dimonitor antara seller, pembeli dan Pajon Checkout dalam satu dashboard. Para pembeli toko online hanya perlu memiliki satu akun Pajon Checkout. Mereka dapat bertransaksi di semua toko online yang ada dan memonitor barang dan jasa yang telah dibelinya dengan nyaman dan mudah.

Pajon Checkout merupakan wujud dari percontohan kuliah kewirausahaan yang ada di FT UI, juga sebagai sarana pengabdian masyarakat khususnya bagi usaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produknya ke pasar nasional maupun internasional secara online. Pajon Checkout diharapkan dapat membantu tumbuhnya penjual online, khususnya dari lapisan kecil dan menengah. Dengan adanya aplikasi baru ini, para pembeli juga diharapkan dapat merasakan kenyamanan dalam bertransaksi online dengan mudah, cepat dan aman dengan single account. (Humas FT)