Dosen Teknik UI Jadi Finalis The Rice Bowl Startup Awards 2015

5

Staf pengajar dari Departemen Teknik Kimia UI, Dr. Eng. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng., dengan label produk PT Nano Biotek Indonesia berhasil menjadi salah satu finalis terpilih pada ajang “The Rice Bowl Startup Awards 2015”. Malam pengumuman dan penghargaan digelar pada tanggal 14—16 Oktober 2015 di Kuala Lumpur, Malaysia.

PT Nano Biotek menjadi satu dari dua startup terpilih dari Indonesia dan mendapatkan penghargaan dalam kategori university startup. Produk utama PT Nano Biotek adalah propolis asli Indonesia yang dimanfaatkan dalam berbagai media perawatan kesehatan.

PT Nano Biotek berupaya menghasilkan madu propolis dengan kandungan air yang lebih sedikit serta rasa yang lebih manis dibandingkan produk-produk sejenis di pasaran. Propolis ini dihasilkan dengan alat bubbling vacuum evaporator yang dikembangkan oleh Sahlan. Alat ini menghasilkan madu propolis dengan kadar air yang lebih sedikit serta kandungan flavanoid sebesar 1000-5000 ppm.

The Rice Bowl Startup Awards adalah ajang pertama di tingkat ASEAN yang memberikan penghargaan bagi para pengembang bisnis startup. Penghargaan ini berfokus pada bisnis-bisnis yang memanfaatkan teknologi untuk pengembangan alam, lingkungan, dan ekosistem.

Penghargaan ini diberikan untuk enam kategori, yaitu retail, media, digital/online, social enterpreneur, technology, product, service, innovation go-to-market, dan woman in business. Selain itu, terdapat dua kategori tambahan, yaitu kategori FinTech dan university.

Dari sekitar 300 perusahaan startup yang mendaftar, dipilih 24 perusahaan yang menjadi finalis untuk tiap kategori. Untuk kategori university hanya tiga perusahaan yang terpilih menjadi finalis di antara lebih dari 50 perusahaan startup dari universitas di seluruh ASEAN.

Penulis: Wanda Ayu


~ dilihat : 123 kali ~