Diskusi Umum Terbuka Pengelola Nama Domain Internet Indonesia

Indeks Berita


Diskusi Umum Terbuka Pengelola Nama Domain Internet Indonesia

Posted by admin on 2013-02-21 15:39:04

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), dan IPAYMU menyelenggarakan Diskusi Umum Terbuka Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) pada Selasa (12/02) di Ruang Terapung Perpustakaan UI, kampus Depok. Diskusi ini adalah bagian dari proses pengambilan keputusan mengenai kebijakan yang akan dikeluarkan oleh PANDI.

Diskusi dibuka oleh Andi Budimansyah selaku Ketua Umum PANDI, kemudian dilanjutkan oleh Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kemkominfo Ashwin Sasongko, dengan penjelasannya mengenai antara lain hierarki sistem nama domain .id di Indonesia.

Setelah gong pembukaan, diskusi dilanjutkan dengan perkenalan Forum Nama Domain Indonesia oleh Azhar Hasyim, Ketua Forum dan Direktur e-Business Dirjen Aptika Kemkominfo. Dia antara lain memaparkan dasar pembentukan forum, keanggotaan forum, serta acuan kerja forum.

Berikutnya, Sammy Pangerapan selaku Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menjelaskan tata kelola internet Indonesia, serta perspektif dan usulan terhadap hal tersebut. Setelah itu, diadakan penyerahan penghargaan lomba blog sahabat.id.

Hasil statistik yang diperoleh dari Gerakan Nasional Klik Kita Untuk Indonesia, seperti disampaikan oleh Henry Kasyfi selaku ketua, menunjukkan bahwa 50 juta dari 60 juta penduduk Indonesia yang mengakses internet adalah pengguna Facebook. Indonesia menduduki peringkat keempat di dunia dalam daftar negara pengguna Facebook terbanyak dan peringkat keenam untuk daftar negara pengguna Twitter terbanyak. Selanjutnya, pemaparan mengenai Masyarakat Pemanfaat Internet (MAPI) oleh ketua Garin Ganis.

Setelah istirahat makan siang, acara dibagi menjadi 2 kelompok kerja. Kelompok kerja 1 membahas usulan Domain Tingkat Dua (DTD) seperti desa.id oleh Bayu sebagai penggagas. Dia mengenalkan Gerakan Desa Membangun lewat domain desa.id di mana telah ada 128 desa yang berpartisipasi dari 65.000 desa yang ada. Selain desa.id, ada pula usulan nama domain toko.id oleh Wakil Ketua PANDI John Sihar, dilanjutkan dengan hotel.id, travel.id, dan store.id. Sementara itu, kelompok kerja 2 yang membahas kebijakan berdiskusi di Ruang VIP Perpustakaan UI.

Acara pleno akhir yg dimoderatori Neil El Himam menghasilkan keputusan bahwa peserta diskusi merasa perlu adanya keterwakilan pengguna nama domain di dalam Forum Nama Domain. Karena itu, perlu dibentuk forum pengguna nama domain yang beranggotakan registran, nonregistran, dan non-reseller. Harus ada aturan dan tatanan yang benar terkait dengan forum pengguna nama domain. PANDI akan memfasilitasi awal pembentukan forum pengguna nama domain ini. (GSB)

~ dilihat : 364 kali ~