Dies Natalis ke-47 FISIP UI: Pembangunan Sosial-Budaya untuk Indonesia yang Lebih Baik

Dies NAtalis FISIP_andrinof_WebsizeMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Andrinof A. Chaniago, memberikan orasi ilmiah dalam Dies Natalis ke-47 FISIP UI, Senin (2/2/2015). Bertempat di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI, Andrinof memberikan orasi ilmiah bertema “Pengarusutamaan Bidang Sosial dan Budaya dalam Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia”. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertamanya sebagai menteri ke fakultas tempat ia pernah belajar.

Dalam orasi ilmiahnya, Andrinof menekankan bahwa pembangunan di bidang sosial budaya sangatlah penting peranannya bagi perkembangan pembangunan nasional. “Social development is basically economic development,” ujarnya.

Banyak bukti empiris yang menyatakan bahwa investasi dalam bidang sosial budaya tidak hanya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga dapat memberikan kontribusi ekonomi secara berkelanjutan.

Secara spesifik, Andrinof mengatakan bahwa dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, pemerintah memberikan perhatian yang sangat serius dalam bidang sosial budaya, terutama dalam konteks pelayanan sosial dasar.

Pelayanan sosial dasar ini diwujudkan dalam bentuk program pelayanan pendidikan dan kesehatan yang merata, program perbaikan gizi anak-anak, penyediaan pangan, penyediaan air bersih dan sanitasi, program pemberdayaan perempuan, dan program pengendalian pertumbuhan penduduk.

“Nantinya, anggaran belanja negara dalam bidang sosial budaya ini akan terus ditingkatkan, namun dengan fokus tetap pada pembangunan sektor infrastruktur ekonomi,” jelas Andrinof.

Ini penting, karena dengan infrastruktur yang baik, kegiatan ekonomi akan berjalan dengan lancar dan akhirnya dapat berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat. Hal ini sesuai dengan arah prioritas pembangunan pemerintahan Joko Widodo yang berfokus pada revolusi mental dan pembangunan infrastruktur maritim.

Dies Natalis ke-47 FISIP UI ini diadakan selama dua hari. Hari pertama diisi oleh orasi ilmiah oleh alumni FISIP UI yang dianggap sukses di masyarakat. Hari kedua akan diisi dengan berbagai pertandingan untuk meningkatkan keakraban di antara sivitas akademika FISIP, antara lain lomba futsal dan tarik tambang.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis FISIP diawali dengan laporan ketua panitia dan dilanjutkan dengan sambutan serta pembukaan oleh Dekan FISIP UI, Dr. Arie S. Soesilo, M.Sc. Dalam acara ini, tamu-tamu yang hadir dapat menikmati sajian makanan seperti bakso, rujak, dan jajanan khas mahasiswa di kantin FISIP UI. Semua acara seremonial dilakukan di tengah taman utama FISIP UI. Semua ini dimaksudkan agar kegiatan ini menjadi tidak berjarak dan dapat dinikmati oleh semua kalangan di FISIP UI, baik dosen maupun mahasiswa. (WND)

~ dilihat : 187 kali ~