DAMRI BERUPAYA MANJAKAN PENUMPANG

Bandung, UPI1

“Ngeng… ngeng…” Suara bus Damri melaju mulus dengan mesin baru dan bodi yang berkilau. Manajemen Perum Damri mengadakan 46 bus baru untuk memperkuat pelayanan di lintas antarkota dan bandara. Direktur Utama Perum Damri, Agus Suherman Subrata, mengungkapkan puluhan bus itu masih dikerjakan di karoseri. Sebelum angkutan Lebaran, diharapkan selesai pekerjaannya dan bisa melayani pemudik.

Bus yang biasanya terlihat lapuk dengan mesin yang sangat buruk telah mengalami perubahan. Bus kelas eksekutif sekarang memanjakan para penumpangnya yang dilengkapi dengan fasilitas Wifi dan CCTV. Sepanjang perjalanan, penumpang dapat tanpa henti berselancar di dunia maya.

Begitu juga dengan CCTV, selain menjadi bagian dari jaminan keamanan kepada penumpang, juga menjadi bagian pengawasan manajemen dalam operasional bus. Membuat bus menjadi lebih aman anti orang jahat atau pencopet yang tidak bertanggung jawab. Sebanyak 10 bus, akan dioperasikan Damri Bandung untuk melayani trayek Bandung–Kuningan, yang demand-nya terus menanjak.

“Sedangkan 10 bus lainnya untuk Damri Cilacap, 11 armada untuk Damri Purworejo, dan 15 bus untuk Damri Bandara Soekarno–Hatta,” ungkap seorang supir Damri Pak Asep.

Dia menjelaskan pengadaan bus tersebut merupakan bagian dari aksi korporasi Perum Damri untuk menggeber kinerja pelayanan antarkota, baik antarkota dalam propinsi, maupun antarkota antarpropinsi. (Delina Dwi S. Mahasiswa Ilmu Komunikasi, FPIPS, UPI)

~ dilihat : 190 kali ~