Criced UPI Susun Panduan Lesson Study Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

 1

Bandung, UPI

Pilar pembangunan pendidikan, visi dan misi Kemdikbud (2010-2014), CPD, keunikan penyelenggaraan sekolah inklusi, dan guru sebagai key factor, serta lesson study sebagai solusi merupakan latar belakang Center for Research on International Cooperation in Educational Development Universitas Pendidikan Indonesia (Criced UPI) untuk menyelenggarakan workshop penyusunan panduan penyelenggaraan lesson study dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus, Kamis – Jumat (21-22/2/2013), di Hotel Papandayan Ruang Suagi 2, Jl. Jend. Gatot Subroto No. 83 Bandung.

Tiga pilar pembangunan pendidikan tersebut mencakup pemerataan dan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing, serta peningkatan tata kelola, akuntabilitas, dan citra publik, yang disinergikan dengan peningkatan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas dan relevansi, kesetaraan dan kepastian layanan pendidikan. Workshop terbagi ke dalam 8 kelompok dengan instrumen kerja kelompoknya yaitu draft dokumen dan instrumen review dokumen. Criced berdiri sejak tahun 2010 yang bertujuan untuk pembelajaran di lapangan bagi guru inklusi dan pengembangan kurikulum.2

Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus,  Ditjen Pedidikan Dasar (Dit. PPKLK Dikdas) mengambil peranan penting dalam terselenggaranya workshop ini, yaitu tercapainya sebuah MoU yang ditandatangani oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar Dr. Mudjito AK. M.Si dan Rektor UPI Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd.

Ruang lingkup MoU tersebut meliputi peningkatan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah khusus dan inklusif, penyusunan naskah akademik, pendampingan pelaksanaan program dan kajian pengembangan pendidikan khusus dan layanan khusus pendidikan dasar.

Worshop dibuka secara resmi oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar Dr. Mudjito AK. M.Si., dan dihadiri oleh Rektor UPI Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum., Dekan FIP Prof. Dr. H. Ahman, M.Pd., Direktur Direktorat Akademik Dr. H. Agus Taufik, M.Pd. dan Kepala Humas Dr. H. Suwatno, M.Si. (Dodi Angga)3