Comment on Robi Awaluddin, 5 Terbaik Sosioentrepreneurship ILC UI 2012 by Ade Suyitno

Jakarta, UPI

Bicara Indonesia, bicara masa depan dunia. jumlah penduduk negeri ini adalah terbesar keempat di dunia. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara demokrasi terbesar ketiga dunia dan memiliki kekayaan alam yang luar biasa melimpah. Dengan potensi yang sangat besar tersebut maka tidak dapat dimungkiri bahwa bangsa ini membutuhkan para pemimpin muda masa depan yang memiliki kualitas dan wawasan global tanpa harus meninggalkan identitasnya sebagai warga negara yang memiliki warna dan jati diri khas bangsa Indonesia. Untuk itu, diperlukan sinergi dan komitmen yang kuat dari semua elemen bangsa dalam melahirkan pemimpin masa depan yang disiapkan secara terprogram dan berkelanjutan melalui pembinaan yang komprehensif.

Indonesia Leadership Camp (ILC) 2012 merupakan program yang berskala nasional yang ditujukan untuk mengoptimalkan dan mengakselerasi potensi bibit-bibit unggul muda Indonesia yang memiliki beragam latar belakang, peminatan, dan keahlian. Program ini diharapkan dapat menjadi tools bagi para pemimpin muda Indonesia yang memiliki kemampuan dan wawasan yang luas dan komprehensif untuk menjawab berbagai tantangan nasional maupun global.

Tahun ini, Indonesia Leadership Camp, Universitas Indonesia diadakan pada tanggal 9 -12 November 2012, dengan diikuti oleh 131 orang pemimpin muda mahasiswa terpilih dari perguruan tinggi se Indonesia yang mengambil tema “Integritas dan Kontribusi Pemuda Menuju Kemandirian Bangsa”

Acara ILC dimulai dengan grand opening, networking night, soft side leadership development, seminar nasionalisme dengan tema tantangan kemandirian Indonesia dalam bidang sosial budaya, ekonomi politik, lingkungan dan energi, focus group discussion, workshop social entrepreneurship, presentasi pemimpin muda terpilih, outbond, kenduri kebangsaan yang bertajuk idealisme pemuda, realita bangsa dan ditutup dengan institutional visit ke DPR RI dan Grand Clossing Ceremony.

Robi Awaluddin, satu-satunya mahasiswa terpilih dari Universitas Pendidikan Indonesia mengatakan proses penyeleksian ILC UI 2012 lumayan ketat, jumlah mahasiswa yang mendaftar sekitar 600 orang dan yang diambil adalah 131 orang, selain itu persyaratan pendaftarannya diantaranya membuat esai, sosial enterpreneurship project, dan persyaratan administratif lainnya.

Robi juga terpilih dalam kompetisi sosial entreprenership dan meraih 5 terbaik se Indonesia. Projek sosial yang digagas adalah pemberdayaan masyarakat desa dan anak jalanan melalui pengembangan potensi sumber daya unggul untuk kemandirian bangsa. Daram forum ini juga Robi menyampaikan pentingnya pembentukan mental bangsa yang unggul agar dapat berdaya saing global dengan cara membudayakan tradisi membaca, menulis, berdiskusi dan meneliti (sebelum bertindak harus meneliti dulu kebenaran beritanya). Masyarakat Indonesia harus membudayakan keempat tradisi itu agar kita menjadi bangsa yang cerdas, berdaya saing, tak mudah dibohongi dan menjadi negara yang maju dan disegani bangsa-bangsa yang lain ujarnya.

Kepemimpinan bukan soal posisi dan jabatan, tapi kepemimpinan adalah tentang kualitas, kapasitas, integritas pribadi yang mampu mentransformasikan nilai-nilai, gagasan dan inovasinya untuk kemajuan dan kemandirian bangsanya. (WAS)