Buku Karya Kolaboratif Prof. Chaedar Alwasilah (Alm) tentang MKDU Diluncurkan

2Bandung, UPI

Mengkaji pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya dalam konteks mata kuliah dasar umum (MKDU) merupakan suatu yang patut dilakukan mengingat lulusan PT akan menjadi penentu masa depan bangsa Indonesia. Maka dari itu, buku berjudul ‘Memberdayakan Pendidikan Tinggi di Indonesia’ diluncurkan untuk menjawab tantangan universitas di Indonesia, Selasa (20/9/2016) di Gedung Auditorium Sekolah Pascasarjana UPI, Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Buku yang ditulis (Alm) Prof. Chaedar Alwasilah, M.A., Ph.D. (Guru Besar UPI) dan Prof. Judith Puncochar, Ph.D. (Northern Michigan University) ini terselenggara atas kerja sama Pusat Pengembangan dan Publikasi Karya Ilmiah – SPs UPI dan Keluarga Besar Chaedar Alwasilah. Hadir dalam acara yang dipandu Dr. Lina Meilinawati Rahayu (Dosen Unpad) antara lain Prof. Fuad Abdul Hamied, M.A., Ph.D (Guru Besar UPI); Dr. Asep Salahudin, M.A. (Dosen IAILM Suryalaya); Dr. Safrina Noorman (Ketua Departemen Pendidikan Bahasa Inggris UPI).01

Diungkapkan, pada bulan September–Desember 2014, Prof. Alwasilah dan Prof. Puncochar berkolaborasi dalam sebuah penelitian, seminar, focus-group discussion (FGD) mengenai liberal arts, atau yang dikenal sebagai MKDU di Indonesia. Mereka mengajar bersama di beberapa kelas S-2 dan S-3 di UPI. Kolaborasi mereka menghasilkan sebuah buku berjudul “Empowering Higher Education in Indonesia” yang diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Jaya.

Buku tersebut sudah diterjemahkan oleh tim penerjemah dari Semesta Learning Evolution menjadi “Memberdayakan Pendidikan Tinggi di Indonesia”. Karena penyakit ginjal kronis yang dideritanya, Prof. Chaedar Alwasilah berpulang pada tanggal 9 Desember 2014, sehingga Prof. Judith meneruskan kolaborasi mereka yang tertuang dalam buku tersebut.

Selain itu, Prof. Judith akan melakukan berbagai workshop mengenai isi buku tersebut pada bulan Juni-Juli 2017. Bagi para dosen yang tertarik untuk mendapatkan materi workshop dari Prof. Judith Puncochar, bisa mengirimkan proposalnya ke indiana@sle.co.id. Mereka bisa menghubungi  Indiana Ayu Alwasilah, M.Pd. (Academic Director of Semesta Learning Evolution) di 08562154727 – 08112274727. (Ija)3

~ dilihat : 17 kali ~