Bermain dengan Teknologi Bersama Compfest 2013

Indeks Berita


Bermain dengan Teknologi Bersama Compfest 2013

Posted by humas-ui on 2013-09-23 11:05:56

Sebuah kegiatan edukatif dengan kemasan hiburan yang menarik, hadir dalam Computer Festival 2013 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia pada 21 dan 22 September 2013. Compfest tahun ini yang mengambil tema “Facing National Development Towards Innovation & Collaboration(FANTASTIC)”, merupakan gelaran kelima sejak penyelenggaraannya yang pertama pada tahun 2009. Kegiatan ini bertujuan untuk memacu dan meningkatkan kolaborasi antar akademisi, lembaga pemerintahan, perusahaan, start-up business, pengembang aplikasi dan juga komunitas dalam memberikan inovasi terbaik bagi kemajuan dunia Informasi dan Teknologi (IT) di Indonesia.

Rangkaian kegiatan Compfest 2013 yang sudah dilaksanakan sejak Mei 2013, terdiri dari roadshow, seminar, kompetisi, playground dan juga hiburan.Kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan di tiga tempat sekaligus yakni Balairung, Gedung Fasilkom serta Balai Sidang Universitas Indonesia.

Untuk seminar, total terdapat 8 sesi dengan topik bahasan yang beragam. Topik bahasan tersebut yaitu Encourage Innovation in Indonesia Through Research oleh Wisnu Jatmiko, Innovation Speech & Natural Language Processing oleh Oskar Riandi, Solving today’s Enterprise Problem with Big Data Management oleh Andri Rizki, “nnovate or Perish oleh Rene Suhardno, “ndonesian Animation Strategy Goes International oleh Bonnie Soeherman, Advance Payment for Mobile and Community oleh Izak Jenie, Gameconomics: Turning Game into Successful Business oleh Dody Dharma dan Alfred Budiman, serta Innovation of Perceptual Computing oleh Firstman Marpaung.

Untuk kompetisi, Compfest 2013 memiliki berbagai mata lomba yakni antara lain, robotik, pemrograman dan juga pengembangan perangkat lunak untuk telepon selular. Kompetisi tersebut diadakan untuk tingkat SMP, SMA dan Mahasiswa. Para peserta mengikuti babak final yang diselenggarakan di Kampus UI Depok setelah sebelumnya lolos dari babak penyisiham

Sementara untuk playground dan hiburan, para pengunjung diajak untuk berkeliling stand. Sembari melihat karya yang ditampilkan tiap stand, pengunjung dapat menikmati permainan yang disediakan oleh para pengisi stand tersebut.

Para pengunjung, setelah bermain, berhak mendapatkan poin yang dapat ditukarkan dengan souvenir, serta sebuah tiket gratis untuk menikmati hiburan di akhir acara. Hiburan yang menjadi penutup kegiatan Compfest 2013 menghadirkan Raisa sebagai pengisi acara utamanya. (IRH)