BEM Hima IPAI Lakukan Pengabdian Secara Total

Bandung, UPIlampiran

Badan Eksekutif Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Ilmu Pendidikan Agama Islam (BEM Hima IPAI) memasuki tahun ke-7. Mereka terus berkomitmen meningkatkan pengabdiannya kepada masyarakat. Komitmen tersebut tercermin di berbagai kegiatan yang diselenggarakan BEM Hima IPAI bertajuk pengabdian pada masyarakat (P2M) yang bertemakan “totalitas dalam mengabdi.”

Acara yang berlangsung 19-22 Februari 2015 di RT. 3, RW. 8, Desa Pakuhaji, Kec. Ngamprah, Kab. Bandung Barat ini diikuti 73 mahasiswa yang tergabung dalam kepengurusan BEM Hima IPAI periode 2014/2015. Panitia yang tergabung memanglah mereka yang tergerak untuk mengabdi pada masyarakat sesuai dengan salah satu dari tridarma perguruan tinggi, yakni pengabdian pada masyarakat.

Acara pengabdian pada masyarakat (P2M) ini diawali dengan pembukaan di kampus UPI yang dibuka Dr. Endis Firdaus, M.Ag, selaku Ketua Prodi Ilmu Pendidikan Agama Islam (IPAI). Setelah itu, acara dilanjutkan di RT. 3 RW. 8 Desa Pakuhaji, dengan rangkaian acara mengajar di SD Negeri 1 Pakuhaji, kerja bakti bersama warga RT 3 RW 8 Desa Pakuhaji, penyuluhan tentang peran ibu sebagai pendidik utama keluarga, fun learning yang diikuti anak-anak, cek darah gratis, pembentukan Karang Taruna setempat, hingga acara puncak yaitu tabligh akbar, dan lain sebagainya.

Panitia P2M kali ini juga membentuk tim reaksi. Tim ini berjumlah 14 mahasiswa yang ditempatkan selama acara berlangsung (19-22 februari 2015) di beberapa rumah warga yang sudah ditentukan sebelumnya lewat rekomendasi ketua RT setempat. Tim ini bermaksud untuk menyampaikan dakwah islami ke rumah warga yang mereka diami.

“Alhamdulillah, BEM HIMA IPAI baru saja selesai melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat pada tanggal 19-22 februari di desa RT. 3 RW. 8 desa Pakuhaji. Kami melakukan banyak hal mulai dari bazar baju murah, kerja bakti, menajar ke sekolah, fun learning bagi anak-anak, pembentukan dan pelatihan karang taruna, tabligh akbar, serta lomba-lomba. Juga ada pula panitia-panitia yang disebar ke rumah-rumah untuk membaur di keseharian mereka untuk menajak pada dakwah islam. Semoga kegiatan tersebut berkah dan bermanfaat, tidak hanya bagi masyarakat tapi juga bagi segenap panitia yang menjalankannya.” Ujar Panji Futuh Rahman, ketua BEM HIMA IPAI 2014/2015. (Humas BEM Hima IPAI)

~ dilihat : 197 kali ~