Bedah Kampus UI Kembali Hadir Untuk Yang Kempatbelas Kali

Indeks Berita


Bedah Kampus UI Kembali Hadir Untuk Yang Kempatbelas Kali

Posted by humas-ui on 2013-10-20 10:19:44

Bedah Kampus Universitas Indonesia (BK UI) kembali diselenggarakan untuk yang ke-14 kalinya. Tahun ini, BK UI mengangkat tema “Waktu” dengan jargon “Inilah Waktumu.” Puncak acara BK UI ke-14 dihelat di Balairung UI pada 19-20 Oktober 2013, setelah melalui rangkaian roadshow di 143 sekolah se-Jabodetabek dan pengadaan try out online.

Ahmad Fariz, ketua panitia BK UI menjelaskan maksud dari pemilihan tema kali ini. “Berdasarkan pengamatan, siswa tingkat SMA sekarang ini semakin cepat menghadapi berbagai momentum penting, mulai dari jadwal berbagai ujian yang semakin maju, hingga waktu untuk memilih jurusan yang semakin cepat,” ujar lelaki yang biasa disapa Fariz ini. Oleh karena itu, BK UI tahun ini ingin menyediakan informasi dan motivasi untuk membangkitkan semangat para siswa sekolah menengah atas tingkat akhir.

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI ini menyediakan tiket sebatas 15.000 buah. Target pengunjung BK UI diharapkan tidak hanya siswa sekolah menengah atas, tetapi juga guru-guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah. Mereka yang telah membeli tiket dapat menggunakannya untuk datang pada satu hari saja. Dalam satu hari, ada dua sesi yang dapat diikuti, yaitu kegiatan di Balairung yang mencakup Bincang Informatif dan Bincang Motivasi, serta sesi kunjungan ke fakultas-fakultas.

Bincang Informatif menghadirkan Direktur Kemahasiswaan UI, Arman Nefi, yang membahas tentang UI secara umum, mulai dari fakultas, jurusan, dan program yang ada, hingga biaya dan beasiswa yang tersedia. Sementara, Bincang Motivasi menghadirkan beberapa alumni UI yang dirasa sudah sukses, seperti Najwa Shihab dan Annisa Pohan yang mengisi sesi di hari pertama, dan Adi Nugroho serta Kamga di hari kedua.

Dalam dua hari penyelenggaraan BK UI, pengunjung dapat mencari informasi ke stand-stand yang ada di dalam Balairung yang mencakup semua jurusan yang ada di UI. Pengunjung juga mendapatkan booklet yang berisi informasi mengenai semua jurusan yang ada di UI, seperti informasi dasar mengenai hal yang dipelajari dan prospek karier. Berbagai video, pertunjukkan, dan persembahan dari fakultas dan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) turut meramaikan isi Balairung. Yang berbeda dari kedua hari penyelenggaraan adalah program kunjungan fakultas. Pada hari pertama, kunjungan ditujukan hanya ke fakultas-fakultas program Sosial Humaniora. Sedang di hari kedua, hanya menuju fakultas yang berkenaan dengan program Ilmu Alam dan Teknologi.

Menurut Fariz, Biasanya BK UI hanya menyediakan informasi. Namun, tahun ini acara dibuat sedikit berbeda. “Kita mencoba mengangkat sesi motivasi. Tidak hanya dari dalam, kita juga menyediakan psikolog-psikolog jadi mereka bisa tanya sesuai apa yang sedang mereka keluhkan sekarang. Supaya motivasi siswa dapat terangkat,” kata Fariz yang merupakan mahasiswa D3 Keuangan Perbankan angkatan 2011.

Pengunjung yang datang tidak hanya dari wilayah Jabodetabek. “Setahu gue, dari Twitter, tahun ini ada yang datang dari Indramayu. Ada yang dari Sumatera, Kalimantan. Mereka beli tiket secara online lewat website kita,” katanya. Panitia BK UI sendiri melibatkan divisi Humas setiap Himpunan atau Ikatan jurusan dan fakultas, serta berbagai komunitas dan UKM yang turut meramaikan acara. (DL)