Ayo Lengkapi Data SIAK-NGmu!

Indeks Berita


Ayo Lengkapi Data SIAK-NGmu!

Posted by humas-ui on 2013-11-22 09:10:41

Selama ini mahasiswa UI pastinya sudah sangat akrab dengan SIAK-NG (Sistem Informasi Akademik Next Generation). SIAK-NG sendiri adalah sebuah sistem pangkalan data akademik mahasiswa yang digunakan oleh civitas academica UI untuk mengecek nilai-nilai akademis mereka. Nah, beberapa waktu ini mungkin mahasiswa UI heran dengan pengumuman yang ada di UI terkait dengan kelengkapan data SIAK-NG. Di pengumuman itu tertulis: “Lengkapi data SIAK/IDM dengan benar sebagai sumber data penerbitan ijazah Anda” dengan batas waktu 30 November 2013. Pertanyaan yang keluar di benak mahasiswa UI pertama kali saat melihat pengumuman ini mungkin adalah “Kenapa harus dilengkapi?” , “Apa untungnya buat saya?” dan banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Karyaman Muchtar dari Direktorat Pendidikan (Dirpen) UI menjelaskan, “Sebenarnya pembaharuan data di SIAK-NG erat sekali kaitannya dengan cepat lambatnya proses pencetakan ijazah,” ujarnya ketika ditanya tentang latar belakang dibuatnya pengumuman ini. Data yang dimaksud disini adalah data nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan biodata diri lainnya. Menurut Karyaman, selama ini proses pencetakan ijazah memakan waktu lama karena ada proses pengecekan data-data tersebut di tingkat fakultas. “Jadi ketika seorang mahasiswa sudah dinyatakan lulus, maka pihak fakultas akan mengecek satu-satu kelengkapan dan kebenaran data-data tersebut, apakah sudah berubah atau belum dan sebagainya, sebelum diberikan kepada Dekan untuk ditandatangani. Lalu baru kemudian dari Dekan akan diberikan kepada Dirpen, dan setelah itu baru Dirpen akan memberikannya ke pihak rektor untuk ditandatangani,” ujarnya. Pengecekan dan pembaharuan data di tingkat fakultas inilah yang memakan waktu lama, “Bisa seminggu dua minggu, itupun belum melalui proses menunggu dekan untuk menandatangani ijazah lembar per lembar,” ujarnya. Inilah yang menyebabkan proses penerbitan ijazah menjadi lama. “Padahal dari Dirpen sendiri inginya sebelum wisuda semua lulusan sudah mendapatkan ijazah,” tambahnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, mulai lulusan semester ini setiap mahasiswa diwajibkan untuk memperbaharui data pribadinya di SIAK-NG. “Ini dilakukan agar tidak perlu lagi fakultas mengecek satu persatu kebenaran dan perubahan data di SIAK-NG. Tanggung jawab pengecekan dan pembaharuan data diserahkan kembali ke mahasiswanya masing-masing karena mereka yang punya kepentingan terhadap hal tersebut,” ujarnya. Dengan sistem seperti ini diharapkan proses pencetakan ijazah akan menjadi lebih cepat dan kasus mahasiswa yang meminta perevisian ijazah akan semakin berkurang. Menurut Karyaman selama ini memang ada mahasiswa-mahasiswa yang meminta pencetakan ulang ijazah karena nama atau tempat tanggal lahir mereka salah, “Ya ini terjadi karena data pribadi yang diisikan di SIAK-NG mereka tidak pernah diperbaharui dari pertama kali masuk ke UI. Walaupun selama ini kami tetap mencetak ulang sih bila memang ada kasus seperti itu”, jelasnya. Untuk lulusan semester ini diharapkan kasus-kasus seperti ini tidak akan terjadi lagi, “Rencananya untuk semester ini kami tidak akan melayani permintaan seperti ini lagi, karena pengumuman pembaharuan data SIAK-NG sudah kami lakukan ,” tambahnya. Karyaman berharap dengan himbauan ini maka proses pencetakan ijazah akan semakin lebih cepat, “Kalau bisa dipermudah, kenapa harus dipersulit?” tutupnya. (WND)

~ dilihat : 313 kali ~