Awal Ramadhan 1435H Ditetapkan Ahad, 29 Juni 2014

Jakarta, UPI2

Setelah melalui rukyat yang dilakukan di 63 titik di seluruh Indonesia, awal puasa tahun 1435H ditetapkan jatuh pada hari Ahad, 29 Juni 2014. Penetapan ini disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat jumpa pers usai memimpin Sidang Itsbat Awal Ramadan  di Auditorium H.M. Rasjidi Kantor Kemenag Jln. Thamrin No. 6, Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Menurut situs resmi Kementeria Agama www.kemenag.go.id, tidak satu pun saksi yang telah ditetapkan untuk melakukan rukyatul hilal di 63 titik di seluruh Indonesia yang berhasil melihat hilal.  “Maka dengan dasar adanya laporan bahwa ketinggian hilal itu tidak sampai 1 derajat dan laporan bahwa tidak satu pun saksi yang ditunjuk yang berhasil melihat hilal, maka kemudian sidang itsbat menyepakati untuk melakukan istikmal menyempurnakan bulan Sya’ban menjadi tiga puluh hari,” terang Menag.

Dari laporan hasil rukyat, diketahui bahwa posisi hilal berada di bawah satu derajat atau antara minus 0 derajat 30 menit sampai dengan 0 derajat 30 menit. “Dengan demikian, maka kemudian diputuskan dan disepakati bahwa 1 Ramadan  1435H jatuh bertepatan dengan hari Ahad, 29 Juni 2014,” tegasnya.

Sidang itsbat dihadiri oleh Duta Besar Negara Sahabat, Ketua Umum MUI Dien Syamsuddin dan KH. Makruf Amin, Wamenag Nasaruddin, Sekjen Nur Syam, Plt. Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil, dan Pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam. (dm/dm)

~ dilihat : 299 kali ~