Asosiasi Profesi PKn Gelar Seminar dan Rakernas di UPI

1Bandung, UPI

Asosiasi Profesi Pancasila dan Kewarganegaraan se-Indonesia (AP3KnI) menyelenggarakan seminar dan rapat kerja nasional, Sabtu (4/4/2015) di Ruang Auditorium, Gedung Nu’man Somantri, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Kampus UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

2

Seminar dan Rakernas bertema, “Penguatan Komitmen Komunitas Akademik PKn dalam Memperkokoh Jatidiri PKn” ini menghadirkan narasumber, antara lain, Prof. Dr. Arif Hidayat, S.H (Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia); dan Prof. Dr. Soedijarto, M.A (Guru Besar Emeritus Universitas Negeri Jakarta).

Ketua Panitia Seminar dan Rakernas Saeful, S.Pd.; M.Si. menjelaskan, Rakernas AP3KnI bertujuan untuk mengevaluasi program kerja yang dilaksanakan AP3KnI; Menghimpun dan mengakomodasi masukan dari seluruh anggota tentang rancangan program kerja AP3KnI untuk tahun 2015; Mengintensifkan konsolidasi pengurus dalam rangka melaksanakan kinerja organisasi profesi AP3KnI yang sehat, kredibel, dan bermartabat; Menindaklanjuti hasil Rakernas Solo dan Manado menyangkut keorganisasian dan program kegiatan; Dan berbagi pengalaman terbaik (best practice) program kegiatan yang dilaksanakan Pengurus AP3KnI pusat, wilayah, maupun daerah.

Sedangkan seminar nasional bertujuan untuk membantu pemerintah dalam upaya memecahkan berbagai persoalan kontemporer bangsa yang mengemuka di masyarakat akhir-akhir ini; Menghimpun berbagai pikiran cerdas dan kreatif dari seluruh peserta terkait dengan pengembangan kehidupan berdemokrasi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara.

Di samping itu, seminar dimaksudkan untuk mengidentifikasi berbagai kompetensi warga negara yang sangat diperlukan dalam konteks kehidupan global saat ini yang penetrative; Serta untuk merumuskan model pendekatan dan strategi yang dipandang tepat dalam membangun kesadaran seluruh komponen masyarakat dalam menerapkan nilai demokrasi dalam kehidupan (doing democracy).

Dikemukakan, memasuki tahun kerja 2015, AP3KnI sebagai organisasi yang profesional, kredibel, dan terpercaya dalam pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), sudah semestinya merespons tuntutan dan tantangan masyarakat dan bangsa dengan merancang berbagai program kegiatan secara kreatif dan masif untuk semakin mengokohkan peran sentral AP3KnI pada saat ini dan masa yang akan datang.

Terlebih dengan perkembangan masyarakat serta isu kontemporer, khususnya menyangkut ranah pendidikan, katanya. Menurut Saeful, yang terjadi saat ini begitu cepat dan kompleks. Fenomena ini menuntut komunitas akademik PKn khususnya AP3KnI untuk semakin memberikan kontribusi positifnya dalam merespons, mengantisipasi, dan memecahkan berbagai permasalahan tersebut secara tepat.

Dalam konteks tersebut, katanya, sudah barang tentu diperlukan kesamaan visi yang kuat dan berorientasi pada program aksi nyata dari seluruh komunitas akademik PKn. “Tanpa visi yang tajam dan program aksi yang nyata, maka berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat tidak akan tersentuh. Hal tersebut berimplikasi pada terjadinya kerentanan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Saeful.

Menyadari hal tersebut, kata Saeful, AP3KnI menyelenggarakan Rakernas sebagai wahana strategis untuk (1) melaksanakan konsolidasi dan kordinasi internal dalam memantapkan AP3KnI, (2) mengevaluasi berbagai agenda kerja yang telah dilaksanakan, dan (3) mendiskusikan berbagai rancangan program kerja yang akan dilaksanakan disertai dengan capaian kinerja.

Diungkapkan, dalam rangkaian Rakernas, digelar pula seminar nasional sebagai ajang meghimpun berbagai pemikiran yang cerdas dan kreatif dari seluruh peserta, yang terkait dengan tema sentral yang dikaji dalam seminar tersebut.

“Semangat yang hendak dibangun melalui perhelatan seminar ini adalah refleksi kritis komunitas akademik PKn dan berbagai pemangku kepentingan yang terlibat, untuk bersama-sama membangun kemandirian dan martabat bangsa Indonesia,” kata Saeful.

Peserta yang berpartisipasi dapat menghubungi Yuyus Kardiman (081224510605); Susan Fitriasari (081321257614); Riyan Yudistira (087823522392); Shilmy Purnama     (085320453467). (WAS)

~ dilihat : 221 kali ~