Anto Sulaksono Dikukuhkan Jadi Guru Besar Ilmu Fisika Nuklir

anto-sulaksono

Selama 15 tahun bergelut di bidang fisika nuklir serta astrofisika, Prof. Dr. Phil. Nat. Drs. Anto Sulaksono, M.Si. berhasil dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap bidang Ilmu Fisika Nuklir. Pengukuhan berlangsung pada Rabu (31/8/2016) di Balai Sidang, Kampus UI Depok.

Anto menyampaikan pidato pengukuhan bertajuk “Jalan Memahami Asal-usul Elemen Berat”. Anto dikukuhkan bersama adalah Prof. Drs. Ridla Bakri, M.Phil., Ph.D. yang merupakan Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Kimia.

Saat ini, Anto tengah menekuni tiga topik penelitiannya yaitu neutron star (objek kompak), transport neutrino di proto-neutron star dan struktur nuklir pada inti kaya neutron.

Dalam pidato pengukuhannya, Anto menyampaikan bahwa materi hadronik merupakan materi yang tersusun oleh dua jenis partikel komposit yakni meson dan baryon. Di alam, inti hadronik hanya stabil dalam bentuk kombinasi nucleon-nukleon yang kita kenal sebagai inti atom biasa sedangkan inti hadronik yang mengantuk hyperons mempunyai waktu hidup yang pendek.

Namun, pemahaman secara mikroskopik tentang tingkah laku materi hadronik belum lengkap. Bahkan, model-model inti yang ada saat ini memberikan prediksi yang berbeda-beda tentang properti inti-inti atom baik yang stabil maupun yang tidak stabil juga materi nuklir-hyper untuk daerah di luar fitting window.

Lebih lanjut ia menyampaikan, eksplorasi dan usaha untuk lebih mengerti materi nuklir pada limit ekstrem merupakan aspek yang esensial tidak hanya untuk fisika nuklir itu sendiri tapi juga astrofisika. Selain itu, terkait dengan yang terakhir perlu dicatat bahwa salah satu objek penelitian di bidang astrofisika yang penting adalah objek kompak seperti bintang

“Masih banyak sekali PR yang harus dikerjakan dalam kerangka road map penelitian kami dan tentunya tidak mudah dalam dalam merealisasikan. Dibutuhkan dukungan dalam bentuk kebijakan penelitian yang tepat, kemudian mengakses sumber dana, informasi dan fasilitas penelitian, juga ketersediaan mahasiswa-mahasiswa yang luar biasa dalam membantu mengembangkan penelitian di bidang yang saya cintai ini,” jelas Anto.


~ dilihat : 37 kali ~