Angkat Sumpah Dokter Gigi Baru dan Pelepasan Dokter Gigi Spesialis 2013

Indeks Berita


Angkat Sumpah Dokter Gigi Baru dan Pelepasan Dokter Gigi Spesialis 2013

Posted by admin on 2013-04-29 11:47:35

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) mengadakan acara Angkat Sumpah dan Pelepasan Dokter Gigi Baru dan Spesialis di Aula Balai Sidang BNI, Kampus UI Depok pada Sabtu (20/04). Jumlah dokter gigi baru yang diangkat sumpah berjumlah 33 orang sedangkan untuk dokter gigi spesialis berjumlah 25 orang.

Acara dihadiri oleh Direktur Pendidikan UI Prof. Dr. Multamia R.M.T. Lauder, M.Se., D.E.A. untuk mewakili Pjs. Rektor yang tidak dapat hadir, anggota Senat Akademik FKG UI, anggota Dewan Guru Besar FKG UI, Dekan FKG UI Prof. drg. Bambang Irawan, Ph.D., Wakil Dekan FKG UI Prof. Dr. drg. M. Suharsini S., S.U., Sp.K.G.A.(K), serta perwakilan dari pengurus besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Kepala dan Wakil Pusat Standarisasi Sertifikasi & Pendidikan Berkelanjutan SDM Kementerian Kesehatan RI, para ketua departemen dan staf pengajar FKG UI, serta keluarga dari dokter gigi baru serta lulusan program spesialis.

Acara dimulai dengan laporan akademik oleh Wakil Dekan serta pemberian penghargaan kepada mahasiswa dan mahasiswi peraih nilai tertinggi yang lulus semester ini yaitu drg. Nissalina Apridini yang mewakili lulusan dokter profesi dan drg. Aditya Wisnu Putranto yang mewakili lulusan dokter spesialis. Acara semakin terasa khidmat ketika Dekan FKG UI memandu pembacaan lafal sumpah dokter gigi.

Setelah pembacaan sumpah selesai, acara dilanjutkan dengan sambutan dari wakil dokter profesi drg. Addys Rino Hariar dan sambutan dari wakil wisudawan spesialis drg. Rio Suryantoro, Sp. KG yang berisikan ucapan syukur atas perjuangan angkatan mereka masing-masing untuk dapat sampai ke tahap ini serta rasa terima kasih kepada orang-orang yang telah mendampingi mereka dalam menjalani perjuangan tersebut. Sambutan dilanjutkan oleh Dekan FKG UI yang mengatakan bahwa tantangan ke depan bagi para lulusan akan semakin berat, terutama mulai tahun 2015, di mana ASEAN Community akan diberlakukan. Prof. Bambang menyarankan agar lulusan-lulusan FKG dapat terus meningkatkan kualitas diri mereka agar tidak kalah dengan tenaga-tenaga kesehatan asing.

Setelah sambutan dari berbagai pihak disampaikan, suasana berubah mengharukan ketika para lulusan memberikan ucapan terima kasih kepada orang tua mereka dengan memberikan setangkai bunga mawar merah diiringi dengan lagu “Bunda” oleh orkestra pengiring. Suasana mengharukan ini berganti dengan suasana canda tawa ketika para peserta yang hadir menonton video yang dipersiapkan panitia mengenai peristiwa-peristiwa lucu dan unik yang terjadi dalam rangka kelulusan semester ini di FKG UI. Pemutaran video ini merupakan puncak acara pada hari itu. (WND)