Anggota Menwa UPI Raih Prestasi di Suspelatnas 2016

img_1076

Malang, UPI

Menwa Batalyon XI UPI mengirimkan 3 orang delegasi; Amalia Agustin (Pend. Bahasa Inggris, 2014), Dhea Farah Aini (PGSD, 2014) dan Reza Adriantika Suntara (PKn, 2015) untuk mengikuti Suspelatnas (Kursus Pelatih Nasional) Angkatan XXIX Resimen Mahasiswa Tahun Anggaran 2016 pada tanggal 19-28 September 2016 lalu, bertempat di Pusdik Arhanud (Pusat Pendidikan Artileri Pertahanan Udara) Batu, Jawa Timur.

Tentunya Suspelatnas tahun ini tidak semata-mata digelar begitu saja. Namun ada beberapa maksud dan tujuan yang harus dicapai oleh seluruh peserta melalui kursus ini. Diantaranya, membentuk mental dan karakter yang kuat demi tercapainya harapan bangsa Indonesia, menumbuhkembangkan anggota Menwa yang berwawasan dan bernuansa agamis, membina anggota Menwa agar mampu menjadi kader perjuangan pembangunan bangsa sesuai dengan Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa Indonesia, serta meningkatkan rasa persatuan, kesatuan, dan persaudaraan segenap anggota Menwa se-Indonesia.

Komandan Menwa Batalyon XI UPI, Urai Ramadhani mengucapkan selamat kepada anggota Menwa Batalyon XI yang telah meraih prestasi sebagai peserta terbaik dalam Suspelatnas, “Semoga prestasi yang terukir akan menjadi jejak sejarah untuk satuan yang kita cintai. Tak lupa pula saya ucapkan selamat datang kembali bagi ke-3 anggota di ksatriaan Menwa Batalyon XI khususnya di lingkungan kampus UPI. Besar harapan saya agar ilmu yang diperoleh melalui Suspelatnas ini dapat diaplikasikan dan dibagikan kepada rekan-rekan lainnya. Tetap junjung tinggi ilmu pengetahuan, karena kita sebagai pelopor Resimen Pendidikan.”

1-4

Begitu banyak ilmu yang diberikan oleh Guru Militer selama masa kursus berlangsung. Materi pendidikan yang disampaikan saat itu terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya Pengetahuan Keahlian Dasar yang meliputi materi Leadership, Manajemen Organisasi dan Konflik, PBB (Peraturan Baris-Berbaris); Pengetahuan Keahlian Utama yang meliputi materi Manajemen Latihan, Perangkat Pengendali Pendidikan, Teknik Penyelenggaraan Latihan, Cara Memberi Instruksi, Psikologi Belajar, Pengetahuan Pelatih; Pengetahuan Keahlian Tambahan yang meliputi materi Public Relation, Kesehatan Lapangan, Pioneering, Mountaineering; Keahlian Lapangan yang meliputi Simulasi Organisasi Latihan, Outbond, SAR (Search and Rescue); dan masih banyak lagi materi juga praktik lain yang tentunya sangat berguna untuk melatih dan menggali potensi dalam diri para peserta kursus.

Salah satu delegasi Menwa Batalyon XI, Amalia Agustin, berhasil membawa pulang sebuah piala penghargaan sebagai Peserta Terbaik ke-III dari 100 orang peserta yang berpartisipasi dalam kursus ini, “Sebenarnya saya tidak mengincar piala penghargaan atau apa pun itu. Yang saya yakini, saya harus terus belajar dan mencari ilmu sebanyak mungkin selama saya masih diberikan kesempatan. Selama masa kursus itu saya tidak banyak memperlihatkan taring Batalyon XI. Saya pun heran mengapa saat upacara penutupan nama saya dipanggil dan disebut sebagai salah satu peserta terbaik. Inilah timbal balik dari loyalitas yang selama ini saya berikan bagi Menwa Batalyon XI. Saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para pimpinan juga rekan seperjuangan telah memberikan dukungan dan do’a. Semoga Batalyon XI tetap berjaya!” (‘Azmi/Admin YON XI)

img_9706

~ dilihat : 26 kali ~