Ambulans di Jepang Menggunakan Helikopter

2

Laporan AD’N FEBY ABDILLAH dari Jepang

(Mahasiswa Program Student Exchange Keperawatan Universitas Pendidikan Indonesia)

PROGRAM student exchange mahasiswa keperawatan Universitas Pendidikan Indonesia, dilanjutkan dengan kunjungan ke sejumlah rumah sakit yang ada di Jepang. Salah satu rumah sakit tersebut adalah  Saitama Medical Center. Saitama Medical Center adalah rumah sakit dengan ruangan NICU (Neonatal Intensif Care Unit) terbesar di dunia.  Di sini dijelaskan tentang sistem pelayanan rumah sakit di Jepang, mulai dari pelayanan kesahatan terhadap pasien dan lainnya.

Banyak hal yang berbeda dengan rumah sakit di Indonesia. Di ruang NICU di sini misalnya, dilengkapi dengan teknologi yang sangat canggih, sistem komputerisasi sangat terasa dalam semua pelayanan dalam setiap unit. Selain itu ada hal unik lainnya yang berbeda dengan Indonesia, di Jepang untuk mempercepat waktu pertolongan kepada pasien yang sedang dalam keadaan gawat darurat, disediakan sebuah helikopter untuk menjemputnya. Ya, sejenis dengan ambulans di Indonesia.1

Tetapi sedikit berbeda, di Indonesia ambulans hanya menjemput pasien yang sedang gawat darurat untuk menuju ke rumah sakit dengan membawa peralatan medis seadaanya. Sedangkan helikopter di Jepang selain digunakan dengan  kecepatan jugauntuk membawa alat medis yang lengkap dan dilengkapi dokter dan perawat untuk pertolongan pertama.

Helicopter itu disebut dengan Dr. Heli, yakni adanya dr. heli tersebut angka keselamatan pasien dengan gawat darurat di jepang mencapai 70%. Ini sangat mengagumkan. Semoga suatu saat nanti di Indonesia ada hal yang sama, bahkan lebih baik dari yang ada sekarang.