Alumni Matematika ITB Berbagi Pengalaman di Mathematics ITB Career Day 2012

Bandung, math.itb.ac.id – Pada Sabu (29/09/12) Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) ITB mengadakan Mathematics ITB Career Day 2012. Kegiatan yang bertempat di Campus Center Timur ITB ini terdiri dari dua agenda, yakni Talkshow dengan tema “How to get yourself into industry world as a mathematician” serta Interview Simulation oleh Career Builder.

Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa matematika, tetapi juga mahasiswa dari Program Studi (Prodi) lain, serta mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB). Hadir pula dosen dari Matematika ITB, seperti  Dr. Saladin Uttunggadewa, Dr. Agus Yodi Gunawan, serta Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB, Prof. Dr. rer. nat. Umar Fauzi. Dalam sambutannya, Agus yang juga Ketua Prodi Matematika ITB menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat memberikan gambaran yang jelas bagi sarjana matematika untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Ia juga berharap perusahaan tertarik untuk merekrut sarjana matematika lewat acara ini.

Hadir sebagai pembicara Talkshow, Franz Dirgantoro (President Director J.O Executive), Jarwo Sanyoto (Vice President Natural Gas and Power PT Pertamina), dan Taufik M. Ahmad (President Director Titan Shipping dan President Commissioner Eldridge Actuary Consulting), yang merupakan alumni Matematika ITB. Franz yang berprofesi sebagai Head Hunter mengungkapkan pengalamannya berhadapan dengan sarjana matematika. Menurutnya, sarjana matematika belum banyak dikenal di perusahaan, terutama perusahaan BUMN. “Lulusan matematika harus pandai ‘menjual’ dirinya. Bisa dengan kegiatan internship atau mengundang perusahaan sebagai sponsor di kegiatan mahasiswa matematika. Agar perusahaan tahu seperti apa kompetensi lulusan matematika,” ujar alumni Matematika ITB 84 ini  memberi solusi.

Hal senada diungkapkan oleh Taufik M. Ahmad. Pria yang akrab disapa Iwan ini berujar “ketika lulusan matematika memasuki dunia industri, tidak ada yang mengecewakan”. Kemampuan untuk mengexpose diri pun kembali ditekankan oleh alumni Matematika ITB 79 ini agar perusahaan mengenal lulusan matematika dengan baik.

Interview Simulation bagi Mahasiswa

Seusai berbagi pengalaman dengan para alumni Matematika ITB, para peserta mengikuti Interview Simulation. Kegiatan ini terbagi menjadi dua, yakni One on one Interview dan  Focus Group Discussion (FGD). Pada kesempatan One on one Interview, tim dari Career Builder bertindak sebagai interviewer. Berbagai pertanyaan dilontarkan sehingga para peserta seolah-olah sedang melakukan tahap interview pada proses pelamaran kerja. Evaluasi gaya peserta saat diinterview pun diberikan langsung oleh tim Career Builder sebagai sarana pembelajaran bagi tiap individu.

Melalui kegiatan Interview Simulation dan Talkshow ini, Ulfia Rahma Fitra selaku Ketua Mathematics ITB Career Day 2012 berharap kelak pengalaman yang didapat dari acara ini bisa menjadi bekal di masa datang.

~ dilihat : 882 kali ~