Aggota Muda Kubus 2015 Harus ‘ALUS’

1-1Purwakarta, UPI

Kumpulan Barudak Seni atau disingkat Kubus adalah salah satu UKM di UPI kampus Purwakarta yang aktif di bidang Kesenian. UKM ini bertujuan sebagai wadah untuk mengembangkan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang kesenian. Untuk memfiksasikan anggota baru dari mahasiswa baru angkatan 2015, Kubus mengadakan pendidikan dan latiha bagi Anggota Muda yang dilaksanakan di UPI Kampus Purwakarta Sabtu (24/10/2015).

“Acara diklat Anggota Muda Kubus 2015 ini adalah gerbang awal masuk untuk mengikuti UKM Kubus. Acara ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang kesenian, serta melatih kepemimpinan, kekompakan antar individu dan divisi Kubus, selain itu mereka juga dilatih untuk dapat mengekspresikan diri dan menguji mental agar terbiasa menghadapi penonton saat tampil,” kata Aan Yuliyanto selaku ketua pelaksana.1-2

Acara yang dimulai pukul 6.00 sampai 16.00 ini, diikuti 93 peserta yang terbagi dalam 6 divisi yaitu divisi musik, tari, vokal, padus, teater dan seni rupa. Dalam acara ini ada berbagai kegiatan yaitu pembukaan, jelajah, tantangan, games, materi dan penutup. Untuk pembukaan, acara disahkan oleh Ivan Fauzi Ketua Kubus 2015 dan diiringi alunan musik gamelan dari divisi musik.

Hal yang menyenangkan menurut peserta diklat adalah ketika peserta mendapat games dan tantangan dari panitia pelaksana. Tantangan menyesuaikan divisi yang dipilih oleh peserta. Tantangan tersebut seperti membuat alunan musik dari barang bekas untuk divisi musik, mempertunjukkan sebuah drama pendek di depan masyarakat dan menunjukkan ekspresi sesuai karakter untuk divisi teater, menari dihadapan masyarakat sekitar kampus untuk divisi tari, dsb.1-4

“Acaranya seru, tantangannya bisa meningkatkan kepercayaan diri kita juga,” ucap salah satu peserta diklat.

Untuk menambah wawasan tentang Kubus, panitia pelaksana mendatangkan Ketua Kubus pertama sekaligus pendiri Kubus yaitu Anggi Giri dan Ketua KUBUS 2014 Jatu Wahyu Wicaksono. Materi yang disampaikan Anggi yaitu tentang sejarah Kubus, awal mula nama Kubus, arti lambing Kubus, tips mengembangkan seni, dan motivasi.

“Jadi anak Kubus harus ‘ALUS’ yaitu Always Love UPI Salawasna,” ujar Anggi selaku pendiri Kubus. (Mutia Sahara)1-5

~ dilihat : 108 kali ~