200 Warga Muara Angke Terima Layanan Medis UI Peduli

UIpeduli2Sabtu (24/2/2015), sebanyak 200 warga di Kampung Nelayan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, menerima bantuan medis dari relawan UI Peduli. Bantuan medis yang diberikan disambut antusias warga sekitar. Warga yang mengantre mendapatkan nomor tunggu. Sebelum berkonsultasi dengan tim dokter, relawan UI Peduli terlebih dahulu melakukan pengecekan tekanan darah. Usai berkonsultasi dengan dokter, warga mendapatkan obat-obatan yang disesuaikan dengan resep dokter.

Kampung Nelayan Muara Angke merupakan permukiman yang berlokasi di lingkungan pelabuhan dan pasar ikan Muara Angke. Padatnya penduduk serta sanitasi yang buruk membuat warga rentan terserang berbagai penyakit seperti diare, kolera, hingga gatal-gatal. Warga terbiasa dengan kondisi rumah, air, dan udara yang tercemar serta mengganggu kesehatan.

Oleh karena itu, tak hanya memberikan bantuan medis, relawan UI Peduli yang terdiri atas mahasiswa dari berbagai fakultas di UI juga memberikan edukasi tentang cara mencuci tangan yang baik kepada kepada anak-anak di perkampungan tersebut. Edukasi diberikan usai kegiatan bermain dengan anak-anak. Selain bermain, anak-anak juga antusias mendengarkan dongeng yang diceritakan para relawan. (KHN)