12 Mahasiswa Afganistan Ikuti Pendidikan Kebutuhan Khusus di UPI

a
Bandung, UPI

Dua belas mahasiswa asing asal Afganistan tampak serius mengikuti early intervention program di program studi Pendidikan Kebutuhan Khusus Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (SPs UPI), Selasa (10/3/2015), di lantai 5, ruang 108, SPs UPI, Jln. Dr. Setiabudhi Nomor 229 Bandung.

“Mereka merupakan mahasiswa reguler program magister Pendidikan Kebutuhan Khusus. Keberadaannya merupakan inisiasi Terje Watterdal dari Norwegian Afganistan  Committee (NAC). NAC mempercayakan UPI untuk mendidik dan mengembangkan sumber daya manusia Afganistan  karena kepakarannya juga karena ada kesamaan agama dengan Afganistan . Developing the first 2 year Master’s study in South East Asia in Inclusion and Special Need Educaiton at UPI, Bandung,” ungkap Dr. Zaenal Alimin, M.Ed.c

NAC didirikan dan berkantor pusat di Oslo, Norwegia tahun 1980 sebagai tanggapan terhadap invasi Soviet di Afganistan. Prioritasnya adalah pekerjaan dalam bidang pendidikan. Di beberapa negara, lanjutnya, UPI lebih dikenal dengan Pendidikan Kebutuhan Khusus dan  Pendidikan inklusinya, atas dasar itu UPI dipilih Norwegia khususnya NAC karena telah mengenal UPI sejak dua belas tahun lalu. Norwegia juga turut membantu membidani lahirnya program studi Pendidikan Kebutuhan Khusus di SPs UPI, dan keberadaan mereka diharapkan menjadi cikal bakal kelas internasional.

Dr. Zaenal mengatakan,”Kelas ini terdiri atas 12 orang mahasiswa, di negaranya mereka berprofesi sebagai dosen, mahasiswa dari Sekolah Pendidikan Guru atau teacher training colleges, guru sekolah, lembaga swadaya masyarakat dan lain sebagainya. Model perkuliahannya menggunakan sistem berlapis maksudnya semester pertama di Afganistan, semester kedua di Indonesia, semester ketiga kembali ke Afganistan  dan semester ke empat penyelesaian masa studi dan tesisnya di lakukan di Indonesia, perkuliahan menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris.”

dKelas ini menghadirkan dua pakar di antaranya Prof. Miriam D. Skjørten dari University of Oslo, Norwegia dan Prof. Ian Kaplan dari University of Manchester, United Kingdom. Adapun dosen pengampu di prodi Pendidikan Kebutuhan Khusus SPs UPI diantaranya Dr. Djadja Rahardja, M.Ed., Juang Sunanto, MA., Ph.D., Dr. Didi Tarsidi, M.Pd., Dr. Endang Rochyadi, Dr. Hidayat, Dr. Imas Diana Aprilia, Dr. Permana Rian, Dr. Zaenal Alimin, M.Ed., dan lain sebagainya. (Dodiangga)

b

~ dilihat : 200 kali ~